Certificate of Origin untuk Bebas Bea Masuk

Di Indonesia COO disebut juga dengan SKA atau Surat Keterangan Asal. Sesuai dengan nama dan fungsinya, COO adalah dokumen yang menerangkan negara asal suatu barang yang diimpor maupun diekspor. Dokumen ini diperlukan dalam suatu perdagangan ekspor impor karena beberapa hal, antara lain karena adanya kesepakatan antar negara (bilateral, regional, multilateral, unilateral) atau karena ketentuan sepihak dari suatu negara pengimpor/ tujuan yang mewajibkan SKA/COO ini disertakan pada barang ekspor.

Dokumen COO / SKA pada suatu proses ekspor dan impor dibutuhkan sebagai syarat pembebasan Bea Masuk untuk produk impor yang berasal dari negara-negara yang telah menyepakati perjanjian dengan pemerintah RI untuk pembebasan Bea Masuk tersebut. Negara tersebut antara lain: China, Negara dikawasan ASEAN seperti Singapura, Thailand, Filipina, Malaysia. Jepang dan Korea juga telah mengadakan perjanjian tersebut.

Di Indonesia dokumen COO dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan atau KADIN (Optional), jadi eksportir yang harus mengurus ke salah satu institusi tersebut. Tarif resmi pembuatan COO sesuai dengan peraturan menteri perdagangan adalah Rp. 5.000,- tetapi jika kita menggunakan “biro jasa” tarif yang dikenakan berkisar antara 100-200 ribu rupiah.

JENIS SKA / COO

  • SKA Preferensi : Yaitu jenis SKA/COO sebagai persyaratan dalam memperoleh preferensi yang disertakan pada barang ekspor tertentu untuk memperoleh fasilitas berupa pembebasan seluruh atau sebagian bea masuk yang diberikan oleh suatu negara/kelompok negara tujuan. Yang termasuk SKA preferensi antara lain :
  1. Form “A” Generalized System of Preferences
  2. Certificate in Regard to Traditional Handicraft Batik Fabrics of Cotton
  3. Form “D” ASEAN Common Effective Prefential Tariff Scheme (CEPT)
  4. Certificate in Regard to Certain Handicraft Products
  5. Certificate Relating to Silk or Cotton Handlooms Products
  6. Industrial Craft Certification (ICC)
  7. Global System of Trade Preference Certificate of Origin
  8. Certificate of Handicraft Goods
  9. Certificate of Authenticity Tobacco
  10. Form “E” ASEAN-China Free Trade Area (AC-FTA)
  11. Form “IJEPA” (Indonesia Japan Economic Partnership Agreement)
  • SKA Non Preferensi : Adalah jenis dokumen SKA yang berfungsi sebagai dokumen pengawasan dan atau dokumen penyerta asal barang ekspor untuk dapat memasuki suatu wilayah negara tertentu. Yang termasuk SKA non preferensi antara lain :
  1. ICO Certificate of Origin
  2. Fisheries COO
  3. COO for Imports of Agricultural Products into MEE (Europe Community)
  4. COO Handlooms Traditional Textile Products of the Cottage Industry
  5. Certificate of Origin Form “K”
  6. COO(Textile Products)
  7. Form “B”
  8. Certificado De Pais De Origin

Dokumen pelengkap yang dibutuhkan untuk mengurus COO antara lain : SIUP, TDP, NPWP, Packing List, Invoice, Dokumen Pengapalan (B/L atau AWB), Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), dan Nota Persetujuan Ekspor (NPE). Dapatkan gratis pengurusan COO / SKA gratis dengan menggunakan jasa Ekspor Indonesia Global Trade. Info lebih lanjut hubungi kontak kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *